Semarak Tarhib Ramadhan 1440 H Tebarkan Semangat, Sambut Kemuliaan Ramadan

0
132

Bissmillahirrahmanirahim…

            Assalamualaykum Sahabat RDK, syukur alhamdulillah telah dilaksanakan Tarhib Ramadhan dalam rangkaian acara Ramadhan di Kampus 1440 H Universitas Gadjah Mada bi idznillah. Event yang diinisiasikan dalam penyambutan bulan suci Ramadhan di Kampus Gadjah Mada ini dilaksanakan pada Rabu 1 Mei 2019 pada pukul 08.00 WIB di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada. Pada dasarnya, Tarhib Ramadhan yang diadakan dalam naungan Jama’ah Shalahuddin Universitas Gadjah Mada beserta event-event on going RDK lainya tidak lain ditujukan sebagai simbolis penyambutan Bulan Suci Ramadan. Salah satu bentuk simbolis penyambutan bulan suci yang dikemas dalam Tarhib Ramadhan ini ditujukan untuk membangkitkan euforia para perindu Ramadan dalam lingkup Universitas Gadjah Mada serta masyarakat Yogyakarta pada umumnya.

Selaras dengan tujuan tersebut, Tarhib Ramadhan tahun ini mengusung tema“Tebarkan Semangat, Sambut Kemuliaan Ramadan”. Latar belakang pengusungan tema besar tersebut diselaraskan dengan tujuan RDK, yaitu mendobrak semangat dalam menyambut bulan suci sesuai dengan urgensinya. Sasaran dari diadakannya event ini adalah kalangan civitas akademika yang tidak terbatas pada Kampus Gadjah Mada saja namun juga universitas-universitas yang berada di Yogyakarta lainnya. Selain mengarahkan sasaran pada kalangan civitas akademika, event ini juga menyasarkan tujuannya kepada masyarakat umum, khususnya masyarakat yang berasal dari Yogyakarta.

Susunan acara pada salah satu rangkaian acara Ramadhan  di Kampus 1440 H yang berupa Tarhib Ramadhan ini terdiri dari: pembukaan acara, sambutan ketua dan pembina Jama’ah Salahuddin yang diwakilkan oleh ketua Jama’ah Shalahuddin Fadlurrahman Yusuf Fardan, sambutan oleh Bp. Ngadiono (perwakilan dari Direktorat Kemahasiswaan), bersepeda berjamaah dengan rute (Jl. Bhinneka Tunggak Ika, (Lapangan Parkir Utama Maskam), Jl. Pancasila, Jl. Colombo, Jl. Prof. Dr. Drs. Notonagoro, Jl. Lembah UGM, Jl. Agro, Jl. Persatuan Jl. Terban, Jl. Pancasila, dan kembali ke Jl. Bhinneka Tunggal Ika (Lapangan Parkir Utara Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada), dilanjutkan dengan penampilan Stand Up yang dipandu oleh Gammario Medi Syahputra (Menko Kemahasiswaan BEM KM UGM UGM 2019) beserta pembagian doorprize, serta acara inti yang berupa kajian yang dipandu oleh Zaky Ahmad Riva’i (motivator, penulis buku dan aktor film Tausiyah Cinta) dan di penghujung acara merupakan sesi penutupan.

Seperti halnya rangkaian acara Ramadhan di Kampus 1440 H Universitas Gadjah Mada yang lainnya, Tarhib Ramadhan yang merupakan event kedua yang dilaksanakan pasca Grand Opening Ramadhan di Kampus 1440 H (yang telah terlaksana pada Sabtu, 27 April 2019) ini diinisiasikannya dengan harapan dapat memberikan amunisi serta pemantik semangat dalam menyambut serta menjalankan ibadah di bulan yang mulia. Selain itu Tarhib Ramadhan ini juga difungsikan sebagai perkat ukhuwah antar sesama saudara muslim, khususnya yang berdomisili di Yogyakarta dalam bingkai kesatuan ummat dalam rangka meraih Keutamaan Bulan Ramadan dan ridho-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here