Semarak Menyambut Ramadan dengan Semangat Persatuan

0
57

Bissmillahirrahmanirahim…

            Assalamualaykum Sahabat RDK, alhamdulillah dalam rangka menyongsong datangnya bulan suci Ramadan 1440 H telah dilaksanakan Grand Opening Ramadhan di Kampus 1440 H pada Sabtu, 27 April 2019 pada pukul 16.30 WIB. Seremonial penyambutan bula suci ini merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan Ramadhan di Kampus atau RDK Universitas Gadjah Mada 1440 H yang telah dilaksanakan sebagai agenda tahunan di kampus Gadjah Mada dibawah naungan Lembaga Dakwah Kampus Jama’ah Shalahudin Universitas Gadjah Mada. Tujuan diadakannya Grand Opening Ramadhan di Kampus UGM ini tidak lain adalah sebagai pemantik semangat bagi jiwa-jiwa perindu Ramadan di hari-hari mendekati bulan suci tersebut.

Sebagaimana acara RDK yang diperuntukan bagi khalayak umum khususnya di Yogyakarta, Grand Opening RDK ini juga disemarakkan oleh saudara-saudara seiman yang berasal dari berbagai kalangan, baik masyarakat umum maupun mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Universitas Gadjah Mada. Seremonial yang merupakan pintu gerbang pertama pembukaan dari agenda RDK ini terdiri dari event Donor Darah, Tarhib Ramadhan, Khitan Massal, Sekolah Intelektual Profetik, Ramadhan Fair, Ramadhan Public Lecture, Muslimah Inspiring Talk, Pagelaran Budaya, Mudik Gratis, Pesantren Baca Quran, Safari Ilmu di Bulan Ramadhan (SAMUDRA), Festival Cendekia Muslim, I’tikaf, di Masjid Kampus, serta Ramadhan di Gelanggang. Dalam semarak event ini, dihadirkan pula fasilitas angkringan gratis bagi para peserta yang turut menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta.

            Event penyemarak penyambut bulan suci yang diadakan di areal depan Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada ini memiliki tema besar “Rekonstruksi Paradigma Profetik Sebagai Realisasi Masyarakat Akademis Menuju Persatuan Umat” yang diulas dalam sesi diskusi panel. Latar belakang dipilihnya tema besar tersebut didasarkan pada urgensi persatuan umat melalui paradigma profetik, terutama oleh kalangan punggawa-punggawa akademis. Ajang penyambutan bulan suci ini dilaksanakan dalam rangkaian acara yang terdiri dari open gate, pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan oleh Ketua Jama’ah Shalahuddin Fadlurrahman Yusuf Fardan, sambutan dari Pembina Jama’ah Shalahuddin Prof Dr, Edy Meiyanto M.Si, Apt.,  sambutan dan peresmian kegiatan RDK 1440 H oleh Perwakilan Rektorat Kemahasiswaan Bp Mugiarto, shalat Maghrib berjamaah, Diskusi Panel oleh Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D (Direktur Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia) serta Prof Jawahir Thontowi, S.H, Ph. D, (Guru Gesar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia) yang dilanjutkan dengan Shalat Isya berjamaah dan di penghujung acara terdapat sesi ceramah oleh Fathurahman Kamal, Lc., M.S.I (Ketua Majelis Tabligh Muhammadiyah) dan diakhiri dengan doa dan penutupan.

            Sebagai pintu gerbang pertama dan utama bagi rangkaian acara Ramadhan di Kampus atau RDK Universitas Gadjah Mada 1440 H, event ini diharapkan dapat membangkitkan semangat serta memfasilitasi sesama saudara muslim khususnya di lingkungan Universitas Gadjah Mada dan Kota Yogyakarta dalam menyambut serta menjalankan ibadah di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadan guna meraih keutamaan-Nya, Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here