Pemuda, Mahasiswa, Persatuan #4

0
65

NOTULA KEGIATAN

RAMADHAN DI KAMPUS UNIVERSITAS GADJAH MADA 1440 H

Nama Kegiatan Tema Pembicara Hari, Tanggal Tempat Waktu Penulis Notula
Ramadhan di Gelanggang #4 Pemuda, Mahasiswa,  Persatuan Dr. Abdul Ghaffar Karim Rabu, 8 Mei 2019 Gelanggang Mahasiswa UGM 19.20 s.d. 19.45 Nila Wulandari

Materi

Salah satu persoalan besar yang dihadapi oleh manusia adalah lalai akan tujuan besar dalam hidupnya. Manusia hanya memikirkan jangka pendeknya seakan-akan lalai akan esensi yang ada. Misalnya persoalan ukhuwah, kita melihat bangsa ini sekarang terlalu menghawatirkan masa depan terlebih setelah pemilu. Salah satu faktornya juga karena kita lalai dalam menyikapi tujuan besar.

Berikut ini adalah esensi sebagai manusia yang tertuang di dalam Al-Qur’an dijabarkan dalam dua hal pokok,

  1. Relasi ibadah dengan Sang Pencipta

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (QS. Az Zariyat 51:56)

  1. Tujuan universal, tujuan yang diyakini oleh semua manusia di muka bumi yakni membuat kehidupan yang lebih baik. Hakikatnya adalah kehidupan yang lebih baik dari hari sebelumnya.

Keyword: Jangan pernah melupakan tujuan yang besar dalam hidup kita

Contoh kasus:

Seorang mahasiswa memiliki tujuan besar yaitu mencari ilmu, namun semakin hari makin terlalaikan dengan tujuan yang penting lulus mendapat gelar, lulus dengan IPK cumlaude, lulus dengan nilai A. Dengan mengesampingkan esensi lahiriyah yakni mencari ilmu.

Tujuan besar bangsa ini yang dipegang secara universal adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Terlepas dari itu apapun ideologi yang dianut oleh suatu negara adalah menjadikan warga masyarakatnya bahagia, namun secara teknis masing-masing orang mendefinisikan bagaimana kebahagiaan itu berbeda-beda.

Politik berpemilu yang justru kita bertengkar karena memilih presiden. Hanya sebagian kecil saja yang mengetahui tujuan besar dari pemilu itu sendiri. Persoalan baik itu berbeda satu sama lain mangenai perbedaan, hanya seputar persepsi mana yang baik dan tidak baik yang membuat kita melupakan tujuan besar.

Maka dari itu jangan pernah melupakan 3 hal pokok berikut,

  1. Menjadi hamba yang terbaik.
  2. Jangan sampai melupakan esensi sebagai makhluk sosial.
  3. Menjadikan kehidupan lebih baik dari sebelumnya.

Unduh versi pdf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here