Pemuda, Mahasiswa, Persatuan #3

0
157

 

NOTULA KEGIATAN

RAMADHAN DI KAMPUS UNIVERSITAS GADJAH MADA 1440 H

Nama Kegiatan Tema Pembicara Hari, Tanggal Tempat Waktu Penulis Notula
Ramadhan di Gelanggang #3 Pemuda, Mahasiswa, dan Persatuan Dr. Arqom Kuswanjono

(Dekan Fakultas Filsafat)

Selasa, 7 Mei 2019 Hall Gelanggang UGM 19.15 s.d. 19.30 Amin Bahtiar

Materi

Menggalakkan Persatuan di Gelanggang

Bulan Ramadan merupakan diturunkan bulan diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk, pedoman serta pembeda bagi manusia. Segala hal yang berhubungan dengan manusia diatur semua di Al-Quran. Ketika Al-Quran menjadi petunjuk, kita mendapatkan pemahaman dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut, yaitu

  1. Power of giving, orang yang mau memberi dalam waktu sempit. Kalau berpikir semua orang memberikan sesuatu dalam waktu sempit maupun susah maka tidak ada lagi orang yang akan meminta.
  2. Power of peace, kekuatan untuk tidak mudah marah, terpancing, bisa menahan amarah. Jika ingin bersatu maka ada power of peace.
  3. Power of forgiveness, memaafkan orang lain, maaf memiliki kekuatan yang luar biasa. Perseteruan, perang, pertikaian dapat langsung diselesaikan dengan maaf. Memaafkan agar kelemahan dapat dikolaborasi untuk memperoleh pribadi yang lebih baik lagi.
  4. Orang yang muksin, jika berbuat buruk karena melakukan kegiatan yang buruk maka akan peka kemudian akan memohon ampun kepada Allah dan kembali ke jalan Allah, akan tetapi permasalahannya banyak manusia yang tidak peka terhadap diri sendiri, malah melihat kesalahan orang lain. Ketika suatu kaum tidak ada nabi/utusan, maka kitab menjadi pembeda antara yang benar dan salah.

Jika kita dapat membangun keempat power tersebut maka persatuan akan dapat terjadi.
Ukhuwah menjadi salah satu untuk mewujudkan persatuan dimana terdapat ukhuwah atas kesamaan Islam, kesamaan negara/bangsa maupun kesamaan insan Allah (ciptaan Allah). Dengan adanya ukhuwah tersebut dapat menciptakan persatuan.

Adanya Al-Quran dapat menjadi petunjuk bagiĀ  manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari termasuk didalamnya dalam mewujudkan persatuan.

Unduh versi pdf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here