Mari Donor Darah, Wujudkan Ramadhan Berkah

0
42

Assalamu’alaikum…

Pada hari Rabu, 1 Mei 2019 RDK 1440 H memiliki dua agenda besar yang dilaksanakan secara bersamaan yaitu Tarhib Ramadhan dan Donor Darah. Tarhib Ramadhan dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan Donor Darah yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Donor darah menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia RDK 1440 H dalam rangka menyambut bulan Ramadan yang sebentar lagi akan datang.

Panitia RDK 1440 H bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta untuk membantu menyediakan alat dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan donor darah seperti pengecekan golongan darah dan kadar hemoglobin. Panitia menggelar aksi donor darah dengan mengusung sebuah tema “Setetes Darah Menyelamatkan Umat”. Maksud tema tersebut adalah untuk mengajak masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya karena masih banyak orang yang kekurangan darah yang dapat disebabkan kecelakaan atau masalah kesehatan.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi kira-kira ada 60 orang lebih yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Dimana partisipan didominasi oleh kalangan mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sebelumnya para calon pendonor terlebih mendaftarkan diri lewat online dengan mencantumkan nama, umur, dan jenis kelamin. Akan tetapi panitia tetap memperbolehkan untuk para calon pendonor mendaftarkan diri pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan.

Peserta yang hadir terlebih dahulu registrasi kemudian diwajibkan mengisi formulir yang berisi data diri dan pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi tubuh. Setelah itu formuir dikumpulkan kepada petugas dan calon pendonor diberikan nomor antrean untuk menunggu giliran pengecekan kesehatan. Selain diwajibkan mengisi formulir, para calon pendonor juga mendapatkan stiker lucu yang disediakan oleh panitia dan leaflet edukatif dari Kementerian Kesehatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Leaflet edukatif yag diberikan berisi tentang penjelasan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi ketika akan mendonorkan darah.

Para calon pendonor diperiksa kondisi tubuhnya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah peserta memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan atau tidak. Adapun syarat-syaratnya adalah sehat jasmani dan rohani, berusia 17 sampai 60 tahun, berat badan minimal 50 kg, kadar hemoglobin (Hb) 12,5 – 17,9 g/dl, memiliki tekanan darah yang normal, bagi perempuan diperbolehkan donor darah ketika tidak sedang haid dan tidak menyusui, dan jarak waktu dengan donor darah sebelumnya minimal 60 hari. Apabila dinyatakan lolos memenuhi syarat maka akan dipersilakan untuk menunggu giliran.

Sedangkan yang tidak memenuhi kualifikasi para calon pendonor diperbolehkan untuk pulang. Banyak calon pedonor yang gagal dikarenakan tekanan darah yang kurang, waktu tidur yang tidak cukup, kadar hemoglobin yang masih rendah, dan lain sebagainya. Hal ini juga dialami oleh salah satu calon pendonor yang bernama Dhika Widhi Agustini, “Iya saya gagal mendonorkan darah karena kadar Hb nya 10,1 jadi masih kurang. Mungkin gara-gara tidurnya kemalaman sama belum sarapan juga sejak tadi pagi.”

Sangat beruntung bagi peserta yang dinyatakan memenuhi syarat donor darah karena donor darah sendiri memiliki banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Mengutip dari artikel yang berjudul “5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Anda” yang ditulis oleh Risky Candra Swari dan diedit oleh dr. Tania Savitri menuliskan bahwa manfaat dari donor darah antara lain menurunkan risiko terkenaa penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, membuat lebih sehat secara psikologis, dan memperpanjang umur.

Setelah peserta melakukan donor darah, panitia memberikan sejumlah makanan ringan dan minuman teh hangat gratis untuk menambah stamina. Karena biasanya setelah melakukan donor darah, pendonor akan merasakan badannya sedikit lemas. Semoga kegiatan donor darah ini menjadi salah satu awal yang baik dalam menyambut bulan suci Ramadan dan bagi calon pendonor yang gagal mendonorkan darahnya semoga niatnya tetap tercatat sebagai salah satu amal baik kita. Aamiiin.

Wassalamu’alaikum…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here