Kilas Balik Astronomi

0
268

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal.”
(QS. AL ‘IMRAN:190)

Assalamu’alaikum Sahabat Japans,
Ilmu yang ada di dunia sangat banyak jenisnya contohnya ilmu agama yang diantaranya ada ilmu tauhid, ilmu fiqih, dan ilmu akhlak. Ilmu agama merupakan ilmu terpenting yang wajib kita pelajari karena kedudukannya yang mulia, maksudnya ilmu agama membantu untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Selain ilmu agama juga ada ilmu duniawi yang sebaiknya kita pelajari pula. Misalnya, ilmu menghitung, ilmu alam, ilmu sosial, ilmu ekonomi, dan masih banyak lagi. Mungkin kita pernah berpikir bahwa ilmu dunia hanya dapat kita dapatkan ketika sedang belajar di sekolah atau di kampus saja. Ternyata Allah SWT, Maha Mengetahui Segalanya telah menjelaskan semua yang ada di dunia maupun langit di dalam Al Qur’an.

Sahabat Japans, bumi merupakan planet ketiga dalam urutan sistem tata surya. Salah satu akibat dari rotasi bumi adalah terjadinya pergantian siang dan malam. Matahari akan menampakkan dirinya ketika siang hari dan akan tenggelam ketika sore hari. Kemudian pada malam hari terdapat bulan dan bintang yang menghiasi langit. Semua itu terjadi secara teratur dan tidak akan terbalik-balik. Al Qur’an telah menjelaskan keteraturan yang mengagumkan itu melalui firman berikut:
Katakanlah: “Siapa Yang Empunya langit yang tidak dan Yang Empunya ‘Arasy yang besar!” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” Katakanlah: “Siapa yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui? (QS. Al-Mu’minun [23]:86-88)
Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan. (QS. Ar-Rahman [55]:5)

Nah, dari pembahasan di atas menunjukkan adanya kaitannya dengan ilmu astronomi. Oleh karena itu, kali ini kita akan mengulas tentang keterkaitan ilmu astronomi dan Al Qur’an. Sahabat tahu ngga sih apa itu ilmu astronomi? Mengutip dari Encyclopedia of Britannica, astronomi adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan gerakan, penyebaran, dan karakteristik benda-benda langit. Ilmu ini juga membahas kemajemukan langit dan bumi serta menunjukkan adanya tahap peralihan antara penciptaan langit dan penciptaan bumi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa matahari dan bulan bergerak secara teratur sesuai dengan waktunya. Di balik keteraturan tersebut terdapat pelajaran yang dapat kita petik yang bersumber dari Al Qur’an Surah Al An’am [6]:96 yang berbunyi:
Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Indah ketentuan Allah Yang Mahaperkasa lagi Maha Mengetahui.

Sedangkan susunan pengaturannya dijelaskan dalam Al Qur’an sebagai berikut:
“Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus – menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.” (QS. Al Ibrahim [14]:33)

Semua benda-benda langit telah bergerak pada orbit yang telah ditentukan. Gerakan benda-benda langit yang tetap stabil telah dijelaskan di dalam Al Qur’an Surah Yasin ayat 38-40 yang berbunyi:
Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Mahaperkasa lagi Allah Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan lagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir maka) kembalilah ia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahuli siang. Masig-masing beredar pada garis edarnya.

Pada ayat tersebut telah menjelaskan tentang sistem tata surya dan pergerakan benda angkasa berdasarkan orbitnya tanpa melenceng sedikit pun. Selain itu, ayat tersebut mengajarkan kepada manusia tentang keteraturan, ketat, dan disiplin pengaturan benda-benda langit, gerakan benda-benda langit yang mengagumkan itu tidak lain sebagai bukti tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Kita sebagai manusia telah diwajibkan untuk memikirkan bukti-bukti apa saja kebesaran Allah agar diri kita semakin dekat kepada Sang Khaliq Al Qur’an menegaskan :

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar –benar terdapat tanda-tanda bagi orang yang mengetahui. (QS. Al-Rum [30]:23
Sahabat Japans, perlu diingat bahwa apa pun yang ada di langit dan bumi akan hancur ketika Hari Kiamat nanti. Salah satu tanda-tanda kiamat adalah ketika benda-benda angkasa bergerak tidak sesuai dengan orbitnya sehingga akan menyebabkan benda-benda angkasa saling bertabrakan.

Apabila langit, terbelah dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan (QS. Al-Infithar [82]: 1-2)

Selain ayat-ayat di atas yang menjelaskan tentang pentingnya ilmu astronomi ada faktor lain yang juga mengingatkan manusia tentang kuasa Allah SWT. Penetapan waktu shalat dan arah kiblat seluruh negara tidak terlepas dari studi astronomi. Waktu shalat yang ditetapkan selalu ada perbedaan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Hal itu disebabkan karena letak geografis dan letak astronomis yang berbeda.

Nah Sahabat Japans itulah beberapa ulasan tentang ilmu astronomi yang ternyata telah dijelaskan di dalam Al Qur’an. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita dan semakin meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Masih banyak ilmu-ilmu lainnya yang juga telah dijelaskan di dalam Al Qur’an. Penasaran? Tunggu artikel kami selanjutnya ya!
Wassalamu’alaikum….

Referensi :
https://books.google.co.id/books/about/Ensiklopediana_Ilmu_Dalam_Al_Quran.html?id=AsHG4YFniD8C&redir_esc=y

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here