Ahlan Wa Sahlan!

0
77

Ahlan wa Sahlan, selamat datang di laman Ramadhan di Kampus UGM.

Ramadhan di Kampus merupakan kegiatan terbesar yang rutin diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus Jama’ah Shalahuddin Universitas Gadjah Mada. Kegiatan Ramadhan berlangsung mulai dari awal Ramadhan sampai dengan berakhirnya bulan Ramadhan.

Sejarah berawalnya Ramadhan di Kampus terjadi pada tahun 1976 bertempat di Gelanggang Mahasiswa UGM, dimana kala itu Jama’ah Shalahuddin mengadakan acara dengan nama Ramadhan In Campus (RIC). Pada acara itu, Jama’ah Shalahuddin sukses besar dalam menggaet peserta acara Ramadhan di Kampus, tak tanggung-tanggung di setiap acara sampai meluber keluar ruangan akibat kapasitas ruangan yang tak mencukupi. Acara yang sampai mendatangkan massa banyak tidak lain dan tidak bukan karena inovasi yang dilakukan oleh Jama’ah Shalahuddin. Pentas Seni sesudah shalat tarawih, diskusi yang menghadirkan tokoh-tokoh nasional, gerakan BTAQ menjadi acara yang sukses menarik massa pada kala itu.

Kehebohan acara Ramadhan In Campus (RIC) bukan saja menjadi trending topic bagi masyarakat Yogyakarta namun sampai meluas ke seluruh Indonesia. Banyak kampus-kampus yang mulai mengadakan acara selama ramadhan dengan nama Ramadhan di Kampus. Dalam perjalanan Ramadhan di Kampus selama kurang lebih 36 tahun maka Ramadhan di Kampus bisa dikatakan sebagai acara tertua yang rutin diselenggarakan di UGM.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here