SEKILAS INFO
  • 2 bulan yang lalu - KETENTUAN PESERTA NASYID DAN MTQ (MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN) FESTIVAL CENDEKIA MUSLIM RAMADHAN DI KAMPUS 1439 H UNIVERSITAS GADJAH MADA (cek dibagian pengumuman)
  • 2 bulan yang lalu - PENGUMUMAN LOLOS ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS AL-QURAN FESTIVAL CENDEKIA MUSLIM (cek dibagian pengumuman)
  • 3 bulan yang lalu - Pengumuman panitia Ramadhan di Kampus UGM 1439H sudah tersedia, silahkan cek di laman pengumuman kami atau buka ugm.id/panitiardk39
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Senin, 28 05 2018 Mei 2018 >

IMSYAK 04:02
SUBUH 04:16
DZUHUR 11:46
ASHAR 15:06
MAGHRIB 17:56
ISYA 18:56
Diterbitkan :
Kategori : Berita / Kabar Sahabat RDK

REVEAL LOGO

RAMADHAN DI KAMPUS 1439 H

(Konsep & Desain by Roychansky)

Ramadhan di Kampus merupakan salah satu kegiatan selalu menyajikan ide-ide segar sebagai bentuk kontribusi kepada sivitas akademika secara khusus dan untuk masyarakat Indonesia secara umum. Pada tahun ini, Ramadhan di Kampus membawa sebuh tema “Mewujudkan Kepemimpinan Keilmuan melalui Optimalisasi Peran Universitas Gadjah Mada menuju Indonesia Bermartabat”. Dengan logo yang berciri khas daun, Ramadhan di Kampus kali ini akan menjelaskan konsep dan filosofi logo.

Simak penjelasan berikut yaa

FILOSOFI DAUN

Daun melambangkan berbagai kebermanfaatan hakiki yang terpancar melalui tumbuhan, tempatnya berada, hingga hewan dan manusia dapat mengolahnya menjadi asupan yang sehat, ataupun penyongsong kehidupan mereka dengan menghirup oksigen yang bersih, hasil dari proses fotosintesis.

Hal ini berkaitan dengan peran Universitas Gadjah Mada dalam mengembangankan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam keberadaban untuk bangsa Indonesia.

Selain itu, daun juga memiliki beberapa sifat yang sesuai dengan tema Ramadhan di Kampus tahun ini. Berikut sifat-sifat daun tersebut :

a. Sifat santun 

Sifat santun terwakilkan pada daun, seperti perannya dalam men-transformasi keburukan menjadi kebaikan. Olehnya, zat asam arang yang berpotensi racun kepaka proses fotosintesis berubah menjadi oksigen dan berbagai kebermanfaatan lainnya.

b. Sifat melindungi mengayomi dan menentramkan

Daun juga memiliki sifat melindungi, mengayomi, dan menentramkan. Dari rindangnya kebersamaan mereka dalam tangkai-tangkai tumbuhan yang ia diami. Daun-daun dapat memberikan kesejukkan, melindungi siapapun di sekelilingnya dari panasnya siang, juga memberikan tempat bagi burungburung ataupun hewan lainnya untuk hidup.

c. Estetika Visual

Estetika visual yang khas juga terpancar padanya, dari beragam shape, texture, guratan, dan berbagai warnanya melengkapi estetika visual yang ia tampilkan. Harapannya, acara RDK menjadi acara yang menarik dan bermanfaat bagi semua elemen, terutama umat Islam.

d. Keikhlasan daun

Keikhlasan erat kaitannya pada daun, ketika ia harus kering dan purna dalam tugasnya, jasadnya masih digunakan sebagai pupuk yang menyuburkan.

e. Kematian Daun

Kematiannya, masih mampu memberikan jejak asa. Dengan lebih dulu membentuk tunas baru guna geregenerasi kebermanfaatan selanjutnya.

f. Harapan 

Harapannya, setelah rangkaian acara RDK 1439 H usai, asa dan kebermanfaatannya akan terus mengalir dan dapat dirasakan bagi umat selalu.

 

DETAIL PADA LOGO

Buku dalam detail logo melambangkan pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan peran Universitas Gadjah Mada atas produk-produk ilmu pengetahuan dan karya otentik serta bentuk produktivitas lainnya.

Sedangkan detail inner shape merupakan pemaknaan gagasan yang dijiwai oleh konsep Human Dignity atau martabat manusia. Konsep Human Dignity yang dimaksud adalah mengenai apa yang sudah dibangun dan diperkenalkan dalam Yogyakarta Declaraton on Human Dignity (YDHD) 2016.

WARNA PADA LOGO

Warna Orange dipadukan dengan warna magenta dibawahnya, perpaduan ini menyiratkan kehangatan, melambangkan sebuah produktvitas dan keteguhan dalam upaya membimbing dan mengarahkan sebuah perubahan menuju masa yang lebih cerah. Letaknya pada logo bagian atas menekankan konsep kewibawaan intelektualitas dalam pengaruhnya membimbing, mengarahkan, dan menuntun proses mengembangan ilmu pengetahuan.

Warna magenta merupakan hasil perpaduan antara warna merah dan ungu. Kandungan warna merah yang berarti dan ungu. Kandungan warna merah yang berarti kekuatan, dipadukan dengan pancaran tenang dari warna violet, dan menghasilkan keseimbangan. Kombinasi disini memiliki arti keseimbangan dalam membimbing dan mengarahkan sebuah proses perubahan. Filosofi warna disini mewakili konsep perubahan; memaksimalkan pengembangan beragamnya produk keilmuan Universitas Gadjah Mada.

Warna biru disini berarti menginspirasi kebijaksanaan dan citacita yang lebih tinggi, tetapi juga konservatif dan dapat diprediksi. Kombinasi dari warna biru dalam logo
melambangkan kewibawaan intelektualitas dalam pengaruh membimbing, mengarahkan, dan menuntun proses pengembangan ilmu pengetahuan.
Warna Hijau pada logo bermaksud kesegaran serta integrasi kepemimpinan. Dalam islam, hijau melambangkan kesucian. Hijau banyak ditemukan dalam Al-Quran, beberapa menyebutkan gambaran penghuni surga beserta kenikmatan padanya, kebahagiaan serta ketanangan seperƟ dalam surah Ar-Rahman. Dalam surat Al-Kahfi juga ditemukan warna hijau pada keindahan pakaian surga dalam ayat ke 31.

LOGO DAN TEMA

Logo RDK berbentuk daun ini merupakan sebuah visualisasi dari kesatuan atas kombinasi pemaknaan beberapa variabel yang merupakan gagasan tema besar Ramadhan di Kampus 1439 H, yaitu:

Kepemimpinan Keilmuan

Merupakan sebuah konsep dalam mengombinasikan pemaknaan atas dua terminologi, yakni Kepemimpinan & Keilmuan. Adapun definisi Kepemimpinan yang dimaksud adalah pengaruh dalam upaya membimbing dan mengarahkan sebuah proses perubahan.
Pena pada Logo bagian atas melambangkan konsep kewibawaan intelektualitas dalam pengaruhnya membimbing, engarahkan, dan enuntun proses pengembangan ilmu pengetahuan.

 Peran Universitas Gadjah Mada

Corak pada logo memecah bentuk daun menjadi lima bagian. Bagian-bagian tersebut memiliki penekanan yang berbeda, hal ini menggambarkan beragamnya produk – produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki Universitas Gadjah Mada. Proses memaksimalkan pengembangan beragamnya produk keilmuan tersebut divisualkan menjadi satu kesatuanbentuk daun; bagian tumbuhan yang menjadi tempat fotosintesis.

Selain itu, jumlah 5 bagian juga melambangkan keislaman. Seperti diketahui, lima adalah angka yang khas dengan Islam (Rukun Islam). Ke-khasan ini juga melambangkan bahwa RDK merupakan sebuah rangkaian kegiatan Islam di bulan Ramadhan dan ajang berbagi kebaikan, kebahagiaan, serta keindahan Ramadhan.

Indonesia Bermartabat 

Posisi daun yang condong ke-arah kanan atas berartikan proses menuju cita-cita Bangsa Indonesia melalui anugerah Allah swt. menjadi bangsa yang berwibawa dan mulia dalam keberadaban.

 

 

SebelumnyaApa itu RDK? SesudahnyaFESTIVAL CENDEKIA MUSLIM untuk SMA/Sederajat
Islam dan Modernitas
KABUMA #8 Kamis, 24 Mei 2018 15.45 s.d. 17.15 Achmad Munjid, Ph.D. “Islam dan Modernitas” Notulis oleh Amania Ittaqo MATERI Islam dan modernitas merupakan tema yang selalu relevan bagi kita...
Adab dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi
KABUMA #7 Rabu, 23 Mei 2018 Pukul 15.45 – 17.30 WIB Dr. Muhammad Ardiansyah, M.Pd.I “Adab dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi” Notulis oleh Hanifah Makarim   MATERI Adab dalam bahasa...
Pemuda Cerdas Pembangun Masa Depan Bangsa
KABUMA #6 Selasa, 22 Mei 2018 Jam 16.03-17.20 Ustadz. Rizal Fadli Nurhadi (Abu Takeru) “Pemuda Cerdas Pembangun Masa Depan Bangsa” Notulis oleh Dwi Ratnaningtyas MATERI Apa definisi pemuda secara islam?...
How to be Great Author ?
KABUMA #5 Senin, 21 Mei 2018 16.00—17.15 Ustadz Yusuf Maulana “How to be Great Author?” Notulis oleh Kamila Munna MATERI Seringkali posisi peserta didik di negara-negara Islam tertinggal. Kondisi saat...
Peran Penting Adab dalam Dunia Pendidikan
  Kajian Buka Bersama #4 Minggu, 20 Mei 2018 15.50 WIB sampai dengan 17.15 WIB Dr. Adian Husaini “Peran Penting Adab dalam Dunia Pendidikan” Notulis oleh Latifa Sakti Bintari “Kita...
[RILIS: Melawan Ketakutan yang Berlebihan: Tentang JS, RDK, dan Masjid Kampus UGM]
RILIS Melawan Ketakutan yang Berlebihan: Tentang JS, RDK, dan Masjid Kampus UGM   Oleh: Kiki Dwi Setiabudi Ketua Jama’ah Shalahuddin 1439 H Co-Author: Kastrat JAMA’AH SHALAHUDDIN       Melawan...


WhatsApp chat