SEKILAS INFO
  • 6 bulan yang lalu - KETENTUAN PESERTA NASYID DAN MTQ (MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN) FESTIVAL CENDEKIA MUSLIM RAMADHAN DI KAMPUS 1439 H UNIVERSITAS GADJAH MADA (cek dibagian pengumuman)
  • 6 bulan yang lalu - PENGUMUMAN LOLOS ABSTRAK LOMBA KARYA TULIS AL-QURAN FESTIVAL CENDEKIA MUSLIM (cek dibagian pengumuman)
  • 8 bulan yang lalu - Pengumuman panitia Ramadhan di Kampus UGM 1439H sudah tersedia, silahkan cek di laman pengumuman kami atau buka ugm.id/panitiardk39
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Senin, 15 10 2018 Oktober 2018 >

IMSYAK 04:01
SUBUH 04:15
DZUHUR 11:46
ASHAR 15:06
MAGHRIB 17:56
ISYA 18:55
Diterbitkan :
Kategori : Agenda-Agenda / Berita / Kabar Ramadhan / Update

Ramadhan di Kampus merupakan salah satu kegiatan keislaman terbesar yang diselenggarakan oleh Unit Kerohanian Islam, Jama’ah Shalahuddin Universitas Gadjah Mada. Kegiatan yang diselenggarakan 30 hari berturut-turut selama bulan ramadhan ini selalu menjadi transetter tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Ramadhan di Kampus tidak hanya menawarkan kegiatan yang ditujukan untuk menyemarakkan bulan ramadhan saja. Akan tetapi, Ramadhan di Kampus juga berusaha membawa ide-ide segar sebagai salah satu usaha untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat yang secara umum tertuang dalam sebuah tema besar. Pada tahun ini, tema besar yang diangkat oleh Ramadhan di Kampus 1439 H adalah tentang “Kepemimpinan Keilmuan”.

Dengan narasi lengkap “Mewujudkan Kepemimpinan Keilmuan Melalui Optimalisasi Peran Universitas Gadjah Mada Menuju Indonesia Bermartabat” Ramadhan di Kampus membawa 1439 H membawa 3 point penting dari tema besar yang diusungnya. 3 Point tersebut adalah :

1. Kepemimpinan Keilmuan
Merupakan suatu bentuk kewibawaan intelektual yang diharapkan mampu dimiliki oleh setiap orang dalam pengaruhnya membimbing, mengarahkan, dan menuntut proses pengembangan ilmu pengetahuan.
Dalam hal ini, kata pemimpin yang dimaksud tidak terbatas pada sebuah jabatan atau kedudukan saja, melainkan terletak pada fungsinya dalam upaya mempengaruhi, membimbing, dan mengarahkan sebuah proses perubahan. Khususnya, perubahan dalam mengembangan ilmu pengetahuan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
2. Peran Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu universitas terbaik di negeri ini tentunya mempunyai peran yang sangat besar atas berlangsungnya pendidikan tingkat tinggi di Indonesia, salah satu perannya adalah dalam mengembangkan produk-produk ilmu pengetahuan. Produk Keilmuan yang dimaksud di sini bukan hanya produk berupa karya cipta saja, akan tetapi juga produk-produk dalam bentuk konsep, metode, dan gagasan-gagasan untuk membangun Indonesia lebih baik.
3. Indonesia Bermartabat
Indonesia bermartabat merupakan tujuan dari diangkatnya tema kepemimpinan keilmuan. Konsep mengenai martabat yang dimaksud dalam tema Ramadhan di Kampus 1439 H adala h cita-cita tentang kewibawaan, kemuliaan, dan harga diri Bangsa Indonesia melalui anugerah Allah swt.

Maka, secara umum tema besar Ramadhan di Kampus 1439 H dapat diartikan sebagai berikut “Mewujudkan kewibawaan intelektual dalam pengaruhnya membimbing, mengarahkan dan menuntun proses pengembangan ilmu pengetahuan. Melalui proses memaksimalkan pengembangan produk-produk ilmu pengetahuan dan teknologi Universitas Gadjah Mada. Menuju cita-cita kewibawaan, kemuliaan, dan harga diri Bangsa Indonesia melalui anugerah Allah swt atas kewibawaan, kemuliaan dan harga diri manusia sebagai makhluk beradab.”

Dengan diangkatnya konsep tentang kepemimpina keilmuan ini, Ramadhan Di Kampus diharapkan mampu menjadi salah satu sarana pembentuk karakter bangsa yang beradab/bermartabat, salah satunya dengan melakukan pencerdasan kepada masyarakat tentang pentingnya arti ilmu pengetahuan. Hingga dimasa mendatang, Ramadhan di Kampus dapat melahirkan individu yang mampu mengarahkan dan menggunakan ilmu yang dimiliki untuk kehidupan yang bermanfaat dan bermartabat. Sama halnya dengan tagline Ramadhan di Kampus tahun ini, #LeadingScienceforDignity.

SebelumnyaJangan Mau Ber-Islam yang Standar! SesudahnyaSuka Baca? Yuk Gabung GMIB
Membangun Kewibawaan Intelektual dengan Mempererat Persahabatan pada Literasi
  KABUMA #18 Minggu, 03 Juni 2018 Pukul 15.45 – 17.30 WIB Habiburrahman El-Shirazy, Lc., M.A., Pg.D “Membangun Kewibawaan Intelektual dengan Mempererat Persahabatan pada Literasi” Notulis oleh Hanifah Makarim  ...
Mewujudkan Pengembangan Bioetika di Indonesia
KABUMA #19 Senin, 4 Juni 2018 16.57 WIB s.d 17.28 WIB Dr. Nur Azid Mahardinata “Mewujudkan Pengembangan Bioetika di Indonesia” Notulis oleh Latifa Sakti Bintari Pembukaan: Gambaran mengenai bioetika dimulai...
Positive Parenting: Keluarga sebagai Pondasi Awal Kebermartabatan Indonesia
SAMUDRA #20 Selasa, 5 Juni 2018 Pukul 16.30 – 17.30 WIB Ust. Fauzi Adhim “Positive Parenting: Keluarga sebagai Pondasi Awal Kebermartabatan Indonesia” Notulensi oleh Cindy Nurmala MATERI Kita memiliki tanggung...
Mewujudkan Kepemimpinan Keilmuan melalui Sinergitas Ilmu dan Islam: Kilas Balik terhadap Dinasti Abbasiyah
KABUMA #17 Sabtu, 2 Juni 2018 16.00 s.d. 17.15 Dr. Tiar Anwar Bachtiar “Mewujudkan Kepemimpinan Keilmuan melalui Sinergitas Ilmu dan Islam: Kilas Balik terhadap Dinasti Abbasiyah” Notulis oleh Amania Ittaqo...
Ekonomi Syariah : Pondasi Ekonomi Umat Islam
KABUMA #16 Jum’at, 1 Juni 2018 16.57 WIB s.d 17.28 WIB Ir. Adiwarman Azwar Karim, S.EE., M.B.A., M.A.E.P. “Ekonomi Syariah : Pondasi Ekonomi Umat Islam” Notulis oleh Latifa Sakti Bintari...
Kewibawaan Ilmu Pengetahuan dalam Keilmuan Islam
KABUMA #15 Kamis, 31 Mei 2018 15.45 s.d. 17.15 Dr. Susanto, M.A. “Kewibawaan Ilmu Pengetahuan dalam Keilmuan Islam” Notulis oleh Dwi Ratnaningtyas MATERI Kenapa anak butuh kreatif? Apakah ada permasalahan...


WhatsApp chat